Minggu, 22 Agustus 2010

Jalan Taba Tinggi Rusak, Perekonomian Lumpuh

CURUP - Jalan Desa Taba Tinggi Kecamatan Padang Ulak Tanding yang merupakan akses utama penduduk desa setempat rusak parah. Kerusakan jalan hingga sepanjang 4 kilometer lebih, sehingga proses lalulintas transportasi di jalan tersebut juga macet. Saat ini untuk dilalui kendaraan roda dua dan roda empat juga sangat sulit.

Karena jalan penuh tanah, juga masih banyak berlumpur dan sangat susah di jangkau. Hal ini disampaikan Kades Taba Tinggi, Diri Sarahan kepada wartawan (21/8) kemarin.
Dikatakannya, jalan rusak parah tersebut sudah berlangsung lama, yakni mulai tahun 1991. "Sudah lama jalan tersebut rusak, kalau tak salah dari tahun 1991 hingga kini," terangnya.

Ia mengakui, kondisi tersebut sudah dilaporkan pada pihak tertentu untuk meminta bantuan dalam perbaikan jalan tersebut namun hingga kini jalan tersebut tidak diperbaiki. "Kami sudah sering mengusulkan jalan tersebut untuk diperaiki, namun hingga sekarang belum diperbaiki," ungkapnya.

Menurutnya, jalan tersebut merupakan jalan akses ekonomi masyarakat untuk mengeluarkan hasil-hasil pertanian. "Kalau jalan rusak tentu sangat menggangu akses masyarakat setempat untuk mengeluarkan hasil pertaniannya," katanya.
Tak hanya itu, kerusakan jalan tersbut juga menganggu kelancaran transporatsi bagi siswa sekolah. “Kasihan dengan anak-anak kita yang ingin bersekolah. Mereka terpaksa berjalan kaki untuk menuju kes sekolah setiap harinya dengan jarak tempuh yang cukup jauh yakni 4 kilometer. Sehingga banyak siswa yang mengaku selalu telat sampai disekolah,” jelas Kades. (CW-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar