Minggu, 22 Agustus 2010

Hari Ini 9 Tokoh Lembak Datangi Pemprov Bengkulu

CURUP – Wakil Ketua Presidium Lembak Ishak Burmansyah mengatakan sesuai dengan jadwal hari ini sebanyak 9 orang tokoh masyarakat Lembak akan mendatangi Pemerintah Provinsi untuk menagih janji Pemda Provinsi turun ke Rejang Lebong mengusut tuntas dugaan penyalahgunaan APBD yang dilakukan oleh Bupati RL Suherman.

“Kita sudah menunjuk beberapa tokoh masyarakat yang terdiri dari 7 perwakilan kecamatan dan beberapa tokoh lainnya untuk menagih janji kepada Pemprov Bengkulu,” kata Ishak.

Menurutnya, beberapa dugaan kasus korupsi yang dilakukan Suherman, pertama dana Bansos tahun 2009 yang semula dianggarkan oleh DPRD RL sebesar Rp 7,89 miliar. Namun tiba-tiba dana Bansos tersebut berubah menjadi Rp 13 miliar yang terdapat dalam APBD RL. Atas kasus itu DPRD RL telah melakukan hak angket yang kesimpulan meminta aparat penegak hukum untuk mengusut penyimpangan dana Bansos ke KPK, Kapolri dan Kejagung.

Yang kedua pada tahun 2006 kasus pembangunan pembukaan Jalan Bambu Keling, Kayu Manis, Tanjung Beringin dengan panjang 3 KM dengan anggaran semula Rp 12 miliar. Namun tiba-tiba Suherman melanjutkan pembangunan jalan hingga sepanjang 20 Km dengan dana tambahan sebesar Rp 4,7 miliar. “Namun yang menjadi pertanyaan pelaksanaan pembangunan ini tidak mengindahkan peraturan perundang-undangan. Pasalnya penambahan pembanguan jalan sepanjang 17 Km tersebut tidak menggunakan proses pelelangan (tender),” jelasnya.

Ketiga yakni pada tahun 2007 dengan dana Rp 1,3 miliar atas pengadaan pakaian dinas. Menurutnya masih banyak kasus-kasus yang lain di antaranya penyalahgunaan dana lauk pauk Pemkab RL sebesar Rp 3 miliar.

Atas beberapa kasus inilah warga Lembak yang meliputi kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Bindu Riang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Kelingi dan Sindang Dataran menuntut agar pemrov tidak melantik bupati terpilih yang menurut mereka masih bermasalah.

Bahkan sempat diwacanakan akan memisahkan diri dari kabupaten Rejang Lebong, jika pemerintah tetap melantik Bupati Terpilih. (CW-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar